Peranan
guru TK dalam pembelajaran terpadu
1. Peran
guru TK sebagai Perencana
Peran guru sebagai
perencana dalam pembelajaran terpadu adalah guru harus merencanakan suatu
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukannya bersama anak didik.
Bentuk-bentuk
perencanaan di TK
a.Perencanaan tahunan
dalam perencanaan tahunan sudah ditetapkan
dan disusun kemampuan,keterampilan dan pembiasaan-pembiasaan yang diharapkan
dicapai oleh anak didik dalam satu tahun.Perencanaan tahunan dan semester juga
memuat tema-tema yang sesuai dengan aspek perkembangan anak dan minat anak
serta sesuai dengan lingkungan dimana sekolah tersebut.
b.Program semester
program semester adalah
program tahunan yang dibagi menjadi dua yaitu dalam dua semester.
c.Perencanaan mingguan
(satuan kegiatan mingguan)
satuan kegiatan
mingguan (SKM) berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai kemampuan yang
telah direncanakan untuk satu minggu sesuai dengan tema pada minggu tersebut.
d.Perencanaan harian
(satuan kegiatan harian)
perencanaan harian atau
satuan kegiatan harian (SKH) merupakan perencanaan pembelajaran untuk setiap hari
yang dibuat oleh guru yang dijabarkan dari SKM.
Langkah-langkah penyusunan perencanaan
untuk pembelajaran terpadu seperti yang disarankan oleh Kostelnik adalah
a.Menuangkan ide anda ke dalam
tulisan,masukkan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan tema ke dalam rencana
anda.
b.Periksa sekali lagi rencana
pembelajaran tersebut,pastikan bahwa paling sedikit ada tiga jenis kegiatan
yang berhubungan dengan tema dalam satu hari.
c.Jika dalam perencanaan anda terdapat
kerja sama dengan ahli lain,seperti dokter,guru music,guru tari maka pastikan
bahwa anda telah menyampaikan isi tema yang akan diterapkan pada kegiatan
pembelajaran agar kegiatan yang dilakukan dalam bidang tersebut dapat mendukung
dan sejalan dengan kegiatan pembelajaran yang akan anda laksanakan.
d.Persiapkan baha,alat,media,narasumber
dan sarana prasarana,seperti tempat yang akan digunakan dengan baik dan
diperkirakan peristiwa khusus yang mungkin terjadi jika tema tersebut
dilaksanakan.
e.Organisasi kegiatan dengan baik
sehingga setiap anak dapat berfokus tema.
f.Pastikan bahwa dalam rencana anda
seluruh konsep,istilah,fakta,dan prinsip telah dikembangkan dengan baik
kegiatan yang akan dilaksanakan cukup bervariasi,keseimbangan porsi aspek-aspek
perkembangan sudah cukup dan komprehensif.
g.Ciptakan suasana tematik dalam
kelas,seperti menempatkan gambar-gambar yang berhubungang dengan tema dan alat
serta bahan yang sesuai dengan tema.
Perencanaan mingguan dan perencanaan
harian
a.Prosedur atau langkah-langkah dalam
menyusun perencanaan mingguan atau satuan kegiatan mingguan (SKM)
·
Mempelajari program semester
yang telah di buat
·
Menghitung tanda check
pada kemampuan yang akan diharapkan dicapai dari tema yang akan dibahas untuk
mengembangkan kemampuan berbahasa,kognitif,seni,fisik-motorik dan pengembangan
perilaku.
·
Membagi indikator
kemampuan yang diharapkan akan dicapai tersebut dengan jumlah minggu dalam satu
semester (17 minggu)
·
Sebarkan indicator
kemampuan dalam satu minggu tersebut untuk setiap hari (5-6 hari),sesuai dengan
jumlah hari belajar di TK masing-masing
·
Memberi tanda atau
nomor kode pada masing-masing indicator kemampuan pada setiap bidang
pengembangan dalam kurikulum
·
Menjabarkan tema ke
dalam subtema yang akan dikembangkan secara ringkas
·
Menetapkan kegiatan
pembelajaran sesuai indicator kemampuan dan sesuai dengan subtema yang
merupakan hasil penjabaran tema pada minggu tersebut
·
Menempatkannya ke dalam
format model webb atau matriks atau model lain yang digunakan oleh TK masing-masing
b.Prosedur atau langkah-langkah
penyusunan perencanaan harian atau satuan kegiatan harian
(SKH)
(SKH)
·
Menganalisis SKM yang
telah disusun
·
Menetapkan tema atau
subtema sesuai dengan SKM
·
Menetapkan indicator
kemampuan yang akan dicapai pada hari itu yang dicermati dari SKM
·
Tentukan bentuk
kegiatan sesuai dengan tahap perkembangan anak,tema,dan waktu
·
Menentukan
pengorganisasian pelaksanaan kegiatan (individual,klasikal,kelompok kecil)
·
Menetapkan
materi,alat,bahan,dan media yang diperlukan untuk kegiatan teresebut
·
Menetapkan penilaian
perkembangan anak dan kegiatan belajar mengajar (KBM),yaitu menentukan
nama-nama anak yang akan dinilai/diamati,cara,jenis,dan alat penilaian yang
akan digunakan untuk melakukan penilaian
·
Susunlah semua komponen
tersebut ke dalam format yang telah disiapkan dalam bentuk matriks atau model
webb atau model lain yang anda anggap lebih mudah untuk anda lakukan dan pahami
2.Peran guru TK sebagai pelaksana
Langkah-langkah :
a.Kembangkan rencana yang telah anda
susun dan perhatikan kejadian atau peristiwa spontan yang ditunjukkan oleh anak
terhadap materi yang dipelajari pada hari itu
b.Melaksanakan penilaian terhadap minat
dan pemahaman anak mengenai tema tersebut dengan menggunakan
pengamatan,wawancara,diskusi kelompok maupun contoh hasil kerja atau karya anak
c.Bantu anak merefleksikan pemahamannya
tentang isi dan proses kegiatan pembelajaran
d.Lakukan percakapan dengan anak tentang
hal-hal yang berkaitan dengan tema sehingga anda dapat mengetahui seberapa jauh
pemahaman anak tentang tema yang dipelajari hari ini
e.Adakah kerja sama dengan orang tua
atau keluarga secara timbale balik mengenai kegiatan pembelajaran yang
dilaksanakan,informasikan tema kepada pihak orang tua atau keluarga sehingga
keluarga turut mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran
pada tahap pelaksanaan kegiatan-kegiatan
yang dapat dilakukan adalah :
a.Anda melaksanakan rencana pembelajaran
yang telah dirancang pada tahap sebelumnya
b.Anak didik diorganisasikan berdasarkan
pada jenis kegiatan yang akan dilaksanakan
c.Pada kegiatan pembukaan sebaiknya anak
didik diorganisasikan secara klasikal dengan tujuan menggiring dan mengkondisikan
anak menuju pada tema yang telah dipilih
d.Selanjutnya,pada kegiatan inti
anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kegiatan yang telah
ditetapkan.
e.Pada akhir kegiatan,anda dapat
mengajak anak-anak didik mengunjungi tempat yang sesuai tema,misalnya kebun
bunga,kantor pos,rumah sakit dengan melibatkan orang tua anak didik
f.Pada akhir kegiatan anda dapat
melakukan refleksi dengan mengajak anak-anak berdiskusi dan meminta anak
mengemukakan apa yang mereka pelajari,rasakan dan kesan-kesan serta
keinginan-keinginan yang belum terpenuhi yang berhubungan dengan tema saat
kegiatan pembelajaran tersebut berlangsung
3.Peran guru TK sebagai evaluator
Pada peran guru TK sebagai seorang
evaluator,anda melakukan penilaian terhadap proses kegiatan belajar dan
penilaian hasil kegiatan.
Yang harus dilakukan guru sebagai
pendidik,pembimbing dan pelatih adalah :
a.Korektor
sebagai korektor guru harus bias
membedakan nilai yang baik dan mana nilai yang buruk sehingga guru dapat
menilai dan mengoreksi semua sikap,tingkah laku,dan perbuatan anak didik.
b.Inspirator
sebagai inspirator guru harus dapat memberikan ilham
yang baik bagi kemajuan belajar anak didik.
c.Informator
guru harus dapat memberikan informasi
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selain sejumlah materi yang telah
diprogramkan sesuai kurikulum.
d.Organisator
guru memiliki kegiatan pengelolaan
kegiatan akademik,menyusun tata tertib sekolah,menyusun kalender akademik.Semua
kegiatan tersebut harus diorganisasikan dengan baik sehingga tercapai
efektivitas dan efisiensi pembelajaran.
e.Motivator
guru hendaknya dapat mendorong anak
didik agar lebih bersemangat dan aktif dalam belajar.Motivasi akan lebih
efektif bila dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan anak didik.
f.Inisiator
guru harus dapat berperan sebagai
pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan dan pembelajaran.pada peran ini guru
harus mampu mengembangkan dan memberikan sumbangsih pemikiran untuk mendorong
kemajuan pendidikan mulai dari lingkup yang kecil seperti dalam kelasnya sampai
ke tingkat yang lebih luas,yaitu dalam lingkup sekolah atau yayasan maupun wilayah
yang lebih luas lagi.
g.Fasilitator
sebagai fasilitator guru hendaknya dapat
menyediakan fasilitas yang memungkinkan dan memudahkan kegiatan belajar yang
menyenangkan dan dapat membangkitkan anak didik untuk melakukan eksplorasi
serta menyalurkan minat dan keingintahuannya secara aktif.
h.Pembimbing
kehadiran guru disekolah adalah untuk
membimbing anak didik menjadi manusia dewasa,memiliki susila yang
cakap,mandiri,dan bertanggung jawab.Bimbingan yang diberikan guru sebaiknya
sesuai dengan kebutuhan anak didik.
i.Demonstrator
dalam kegiatan pembelajaran tidak semua
materi pelajaran dapat dipahami anak didik mengingat kemampuan setiap anak
berbeda-beda.untuk materi yang sulit dipahami anak didik,guru harus dapat
memperagakannya sehingga dapat membantu anak yang tidak/belum memahami materi
tersebut.juga untuk materi-materi yang cukup berbahaya untuk dilakukan oleh
anak sendiri,sebaiknya guru bertindak sebagai demonstrator.
j.Pengelola kelas
guru harus dapat mengelola kelas dengan
baik.pengelolaan kelas menunjuk pada kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan
mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses
belajar-mengajar,termasuk di dalamnya adalah pengaturan tempat duduk,ventilasi
dan pengaturan cahaya,pengaturan penyimpanan barang.
k.Mediator
sebagai mediator,yaitu peran guru
sebagai penyedia media.guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang
cukup tentang media pendidikan dalam berbagai bentuk dan jenisnya,baik media
non material maupun materiel sehingga guru dapat memilih dan menentukan media
yang paling sesuai untuk digunakannya dalam kegiatan pembelajarannya.
l.Supervisor
sebagai supervisor hendaknya guru dapat
membantu,memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses
pembelajaran.guru harus menguasai teknik-teknik supervise agar dapat melakukan
perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar