Rabu, 05 Desember 2012

Peranan guru TK dalam pembelajaran terpadu


Peranan guru TK dalam pembelajaran terpadu
1.      Peran guru TK sebagai Perencana
Peran guru sebagai perencana dalam pembelajaran terpadu adalah guru harus merencanakan suatu kegiatan pembelajaran yang akan dilakukannya bersama anak didik.

Bentuk-bentuk perencanaan di TK
a.Perencanaan tahunan
    dalam perencanaan tahunan sudah ditetapkan dan disusun kemampuan,keterampilan dan pembiasaan-pembiasaan yang diharapkan dicapai oleh anak didik dalam satu tahun.Perencanaan tahunan dan semester juga memuat tema-tema yang sesuai dengan aspek perkembangan anak dan minat anak serta sesuai dengan lingkungan dimana sekolah tersebut.

b.Program semester
program semester adalah program tahunan yang dibagi menjadi dua yaitu dalam dua semester.
c.Perencanaan mingguan (satuan kegiatan mingguan)
satuan kegiatan mingguan (SKM) berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai kemampuan yang telah direncanakan untuk satu minggu sesuai dengan tema pada minggu tersebut.
d.Perencanaan harian (satuan kegiatan harian)
perencanaan harian atau satuan kegiatan harian (SKH) merupakan perencanaan pembelajaran untuk setiap hari yang dibuat oleh guru yang dijabarkan dari SKM.
Langkah-langkah penyusunan perencanaan untuk pembelajaran terpadu seperti yang disarankan oleh Kostelnik adalah
a.Menuangkan ide anda ke dalam tulisan,masukkan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan tema ke dalam rencana anda.
b.Periksa sekali lagi rencana pembelajaran tersebut,pastikan bahwa paling sedikit ada tiga jenis kegiatan yang berhubungan dengan tema dalam satu hari.
c.Jika dalam perencanaan anda terdapat kerja sama dengan ahli lain,seperti dokter,guru music,guru tari maka pastikan bahwa anda telah menyampaikan isi tema yang akan diterapkan pada kegiatan pembelajaran agar kegiatan yang dilakukan dalam bidang tersebut dapat mendukung dan sejalan dengan kegiatan pembelajaran yang akan anda laksanakan.
d.Persiapkan baha,alat,media,narasumber dan sarana prasarana,seperti tempat yang akan digunakan dengan baik dan diperkirakan peristiwa khusus yang mungkin terjadi jika tema tersebut dilaksanakan.
e.Organisasi kegiatan dengan baik sehingga setiap anak dapat berfokus tema.
f.Pastikan bahwa dalam rencana anda seluruh konsep,istilah,fakta,dan prinsip telah dikembangkan dengan baik kegiatan yang akan dilaksanakan cukup bervariasi,keseimbangan porsi aspek-aspek perkembangan sudah cukup dan komprehensif.
g.Ciptakan suasana tematik dalam kelas,seperti menempatkan gambar-gambar yang berhubungang dengan tema dan alat serta bahan yang sesuai dengan tema.

Perencanaan mingguan dan perencanaan harian
a.Prosedur atau langkah-langkah dalam menyusun perencanaan mingguan atau satuan kegiatan mingguan (SKM)
·         Mempelajari program semester yang telah di buat
·         Menghitung tanda check pada kemampuan yang akan diharapkan dicapai dari tema yang akan dibahas untuk mengembangkan kemampuan berbahasa,kognitif,seni,fisik-motorik dan pengembangan perilaku.
·         Membagi indikator kemampuan yang diharapkan akan dicapai tersebut dengan jumlah minggu dalam satu semester (17 minggu)
·         Sebarkan indicator kemampuan dalam satu minggu tersebut untuk setiap hari (5-6 hari),sesuai dengan jumlah hari belajar di TK masing-masing
·         Memberi tanda atau nomor kode pada masing-masing indicator kemampuan pada setiap bidang pengembangan dalam kurikulum
·         Menjabarkan tema ke dalam subtema yang akan dikembangkan secara ringkas
·         Menetapkan kegiatan pembelajaran sesuai indicator kemampuan dan sesuai dengan subtema yang merupakan hasil penjabaran tema pada minggu tersebut
·         Menempatkannya ke dalam format model webb atau matriks atau model lain yang digunakan oleh TK masing-masing
b.Prosedur atau langkah-langkah penyusunan perencanaan harian atau satuan kegiatan harian
(SKH)
·         Menganalisis SKM yang telah disusun
·         Menetapkan tema atau subtema sesuai dengan SKM
·         Menetapkan indicator kemampuan yang akan dicapai pada hari itu yang dicermati dari SKM
·         Tentukan bentuk kegiatan sesuai dengan tahap perkembangan anak,tema,dan waktu
·         Menentukan pengorganisasian pelaksanaan kegiatan (individual,klasikal,kelompok kecil)
·         Menetapkan materi,alat,bahan,dan media yang diperlukan untuk kegiatan teresebut
·         Menetapkan penilaian perkembangan anak dan kegiatan belajar mengajar (KBM),yaitu menentukan nama-nama anak yang akan dinilai/diamati,cara,jenis,dan alat penilaian yang akan digunakan untuk melakukan penilaian
·         Susunlah semua komponen tersebut ke dalam format yang telah disiapkan dalam bentuk matriks atau model webb atau model lain yang anda anggap lebih mudah untuk anda lakukan dan pahami
2.Peran guru TK sebagai pelaksana
Langkah-langkah :
a.Kembangkan rencana yang telah anda susun dan perhatikan kejadian atau peristiwa spontan yang ditunjukkan oleh anak terhadap materi yang dipelajari pada hari itu
b.Melaksanakan penilaian terhadap minat dan pemahaman anak mengenai tema tersebut dengan menggunakan pengamatan,wawancara,diskusi kelompok maupun contoh hasil kerja atau karya anak
c.Bantu anak merefleksikan pemahamannya tentang isi dan proses kegiatan pembelajaran
d.Lakukan percakapan dengan anak tentang hal-hal yang berkaitan dengan tema sehingga anda dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman anak tentang tema yang dipelajari hari ini
e.Adakah kerja sama dengan orang tua atau keluarga secara timbale balik mengenai kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan,informasikan tema kepada pihak orang tua atau keluarga sehingga keluarga turut mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran

pada tahap pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan adalah :
a.Anda melaksanakan rencana pembelajaran yang telah dirancang pada tahap sebelumnya
b.Anak didik diorganisasikan berdasarkan pada jenis kegiatan yang akan dilaksanakan
c.Pada kegiatan pembukaan sebaiknya anak didik diorganisasikan secara klasikal dengan tujuan menggiring dan mengkondisikan anak menuju pada tema yang telah dipilih
d.Selanjutnya,pada kegiatan inti anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kegiatan yang telah ditetapkan.
e.Pada akhir kegiatan,anda dapat mengajak anak-anak didik mengunjungi tempat yang sesuai tema,misalnya kebun bunga,kantor pos,rumah sakit dengan melibatkan orang tua anak didik
f.Pada akhir kegiatan anda dapat melakukan refleksi dengan mengajak anak-anak berdiskusi dan meminta anak mengemukakan apa yang mereka pelajari,rasakan dan kesan-kesan serta keinginan-keinginan yang belum terpenuhi yang berhubungan dengan tema saat kegiatan pembelajaran tersebut berlangsung

3.Peran guru TK sebagai evaluator
Pada peran guru TK sebagai seorang evaluator,anda melakukan penilaian terhadap proses kegiatan belajar dan penilaian hasil kegiatan.
Yang harus dilakukan guru sebagai pendidik,pembimbing dan pelatih adalah :
a.Korektor
sebagai korektor guru harus bias membedakan nilai yang baik dan mana nilai yang buruk sehingga guru dapat menilai dan mengoreksi semua sikap,tingkah laku,dan perbuatan anak didik.
b.Inspirator
sebagai  inspirator guru harus dapat memberikan ilham yang baik bagi kemajuan belajar anak didik.
c.Informator
guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selain sejumlah materi yang telah diprogramkan sesuai kurikulum.
d.Organisator
guru memiliki kegiatan pengelolaan kegiatan akademik,menyusun tata tertib sekolah,menyusun kalender akademik.Semua kegiatan tersebut harus diorganisasikan dengan baik sehingga tercapai efektivitas dan efisiensi pembelajaran.
e.Motivator
guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar lebih bersemangat dan aktif dalam belajar.Motivasi akan lebih efektif bila dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan anak didik.
f.Inisiator
guru harus dapat berperan sebagai pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan dan pembelajaran.pada peran ini guru harus mampu mengembangkan dan memberikan sumbangsih pemikiran untuk mendorong kemajuan pendidikan mulai dari lingkup yang kecil seperti dalam kelasnya sampai ke tingkat yang lebih luas,yaitu dalam lingkup sekolah atau yayasan maupun wilayah yang lebih luas lagi.
g.Fasilitator
sebagai fasilitator guru hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan dan memudahkan kegiatan belajar yang menyenangkan dan dapat membangkitkan anak didik untuk melakukan eksplorasi serta menyalurkan minat dan keingintahuannya secara aktif.
h.Pembimbing
kehadiran guru disekolah adalah untuk membimbing anak didik menjadi manusia dewasa,memiliki susila yang cakap,mandiri,dan bertanggung jawab.Bimbingan yang diberikan guru sebaiknya sesuai dengan kebutuhan anak didik.
i.Demonstrator
dalam kegiatan pembelajaran tidak semua materi pelajaran dapat dipahami anak didik mengingat kemampuan setiap anak berbeda-beda.untuk materi yang sulit dipahami anak didik,guru harus dapat memperagakannya sehingga dapat membantu anak yang tidak/belum memahami materi tersebut.juga untuk materi-materi yang cukup berbahaya untuk dilakukan oleh anak sendiri,sebaiknya guru bertindak sebagai demonstrator.
j.Pengelola kelas
guru harus dapat mengelola kelas dengan baik.pengelolaan kelas menunjuk pada kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar-mengajar,termasuk di dalamnya adalah pengaturan tempat duduk,ventilasi dan pengaturan cahaya,pengaturan penyimpanan barang.
k.Mediator
sebagai mediator,yaitu peran guru sebagai penyedia media.guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai bentuk dan jenisnya,baik media non material maupun materiel sehingga guru dapat memilih dan menentukan media yang paling sesuai untuk digunakannya dalam kegiatan pembelajarannya.
l.Supervisor
sebagai supervisor hendaknya guru dapat membantu,memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses pembelajaran.guru harus menguasai teknik-teknik supervise agar dapat melakukan perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar