Sabtu, 15 Desember 2012

pentingnya moral dan agama bagi AUD

Nilai moral adalah nilai yang berkaitan dengan baik buruknya sikap dan perbuatan manusia. seseorang dikatakan berprilaku moral baik apabila sikap / prilakunya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.


untuk membentuk sikap / perilaku moral yang baik pada seseorang, terlebih dahulu harus dilakukan penanaman nilai moral pada masa kanak - kanak. penanaman nilai moral tersebut harus dilakukan secara baik dan benar dengan memperhatikan faktor perkembangan moral anak.

agama berasal dari kata sansekerta, yaitu "gam" artinya pergi. setelah mendapat awalan a dan akhiran a menjadi jalan. jadi artinya cara - cara berjalan. agama mengandung 3 unsur pokok, yaitu :
1. sistem credo (tata keimanan)
2. sistem ritus (tata peribadatan)
3. sistem norma (tata kaedah)

tujuan umum penanaman nilai agama kepada anak adalah meletakkan dasar keimanan kepada Allah SWT sedangkan tujuan khususnya adalah memberikan kesempatan kepada anak agar memiliki kemampuan rohaniah untuk perkembangan pribadinya.

penanaman nilai keagamaan sangat penting agar anak - anak memiliki dasar - dasar keimanan sebagai bekal dalam menghadapi berbagai goncangan yang akan dihadapi anak kelak. dan mempermudah pembentukan pribadi lanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar