Sabtu, 15 Desember 2012

pentingnya penanaman nilai moral dalam kehidupan sehari - hari

Agar memiliki motivasi yang tinggi dalam upaya penanaman nilai moral kepada anak, guru TK harus memahami betul pentingnya (urgensi) menanam nilai moral kepada anak. Dimana letak pentingnya penanaman nilai moral kepada anak? betapa sulitnya mengubah perilaku moral buruk dari seseorang yang sudah berusia remaja atau dewasa. penyebab utamanya adalah karena remaja tadi tidak pernah atau kurang mendapatkan pendidikan moral yang berkesinambungan sejak masa kanak - kanaknya.


Usia kanak - kanak adalah usia yang sangat penting untuk dilakukan penanaman moral. pada usia pra sekolah (dibawah enam tahun) aspek emosi dan kognitifnya dalam masa perkembangan. kedua aspek tersebut, baru terbentuk secara matang ketika anak mencapai usia tertentu. aspek kognitif diperlukan untuk memahami nilai - nilai dan norma - norma., aspek emosi diperlukan untuk kepekaan terhadap lingkungan sekitar yang memungkinkan seseorang mampu bersimpati dan bertenggang rasa.

Terbentuk perilaku moral yang baik pada seseorang diperoleh melalui proses yang cukup panjang, pembentukan perilaku moral tersebut secara sengaja harus dikenalkan dan ditanamkan sejak usia kanak - kanak. penanaman nilai moral pada anak - anak dilakukan melalui 2 macam proses yaitu proses eksternal dan proses internal. berhasil tidaknya proses pembentukan perilaku moral pada seseorang salah satu faktor yang sangat menentukannya yaitu tergantung kepada efektif tidaknya upaya penanaman nilai moral kepada orang tersebut ketika masa kanak - kanak. disinilah letak pentingnya penanaman nilai moral kepada anak.

sebagai guru TK sudah seharusnya anda meningkatkan kemampuan profesionalisme dalam hal penanaman nilai moral kepada anak. untuk perlu anda mengetahui beda antara moral dan akhlak.moral selalu mengacu pada baik buruknya manusia jadi bukan mengenai baik buruknya begitu saja. sedangkan akhlak merupakan sistem moral dalam Islam. dalam Islam akhlak tidak bisa dipisahkan dari ibadah maupun keimanan sebab akhlak pun harus merupakan manifestasi atau perwujudan dari iman kepada Allah SWT. jika keimanan seseorang baik dan kuat maka sudah tentu akhlaknya pun akan baik pula. sebaliknya jika keimanan lemah, maka akhlaknya pun kemungkinan rusak.

karena akhlak merupakan perwujudan dari keimanan (iman), maka akhlakpun bisa dikategorikan perbuatan ibadah. oleh karena itu akhlak yang demikian akan mendapatkan pahala, sebaliknya akhlak yang rusak justru termasuk perbuatan tercela dan dosa. jadi akhlak adalah aturan - aturan Allah SWT dan rasul-Nya Muhammad SAW tentang hubungan baik manusia dengan manusia, manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan binatang dan alam sekitarnya yang meliputi hubungan vertikal dan horizontal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar